5 Peraturan Unik di Korea Selatan yang Nggak Banyak Diketahui Orang

Korea Selatan memiliki daya tarik sendiri di mata dunia. Bukan hanya jajaran idol yang mendunia, budaya korea selatan tepatnya di Seoul dan kota besar lain di Negeri Ginseng selalu menarik untuk diulas. Tahukah Beauties, jika Korea Selatan ternyata memiliki banyak kebiasaan yang mengakar dan menjadi aturan unik. 

Beberapa diantaranya terasa asing di telinga orang Indonesia, lho. Penasaran apa saja sih aturan-aturan unik tapi cukup masuk akal yang ada di Korea Selatan?Cara Makan dengan Sumpit

Mayoritas warga Korea Selatan memakai sumpit sebagai alat makan. Nah, ada beberapa aturan yang haram hukumnya dilakukan oleh warga Korea saat memakai sumpit. Salah satunya meletakkan sumpit tegak di atas semangkuk nasi. Posisi ini dipercaya oleh warga lokal dapat membawa kesialan.

Posisi tersebut dianggap menyerupai sebuah dupa yang dibakar di pemakanan. Mereka yang menaruh sumpit dengan cara tersebut diumpamakan membawa kematian ke atas meja makan.

Selain itu, Beauties tidak boleh menusuk makanan dengan sumpit. Cara makan seperti ini diartikan jika Beauties menghina sang pemberi makanan. Gestur Tangan untuk Tunjukkan Rasa Hormat

Di tanah air, sangat lumrah memberikan atau menerima sesuatu dengan tangan kanan. Begitu pula ketika berjabat tangan dengan teman maupun orang lebih tua.

Namun, kebiasaan tersebut jangan sampai dicoba kepada orang Korea atau di Korea Selatan. Bisa-bisa, Beauties mendapatkan cacian bahkan dianggap tak sopan ketika berjabat atau memberi dengan tangan kanan.

Di Korea Selatan, mereka merasa dihormati ketika menerima atau memberi sesuatu dengan kedua tangan. Begitu pula ketika berjabat tangan dengan siapapun. Mereka menggunakan kedua tangan sebagai tanda untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain.Hadiah yang Memiliki Pesan Terselubung

Warga Negeri Ginseng juga memiliki kebiasaan untuk memberikan hadiah kepada sahabat, teman serta tetangga. Biasanya, warga lokal memberikan tisu toilet sebagai hadiah saat pindah rumah. Nah, ada satu barang yang sebaiknya Beauties hindari untuk dijadikan hadiah.

Barang tersebut yaitu sepatu. Secara tradisional, pemberian sepatu memiliki arti khusus terutama untuk teman Beauties. Seseorang yang memberikan sepatu di Korea Selatan diartikan mengirim pesan jika orang penting akan menjauh dari mereka. Penggunaan Tinta Merah

Tinta merah sangatlah jarang digunakan oleh warga lokal Korea Selatan. Ada fakta menarik yang dipercayai tentang penggunaan tinta merah. Tinta ini hanya khusus digunakan untuk menulis nama orang yang telah meninggal dunia. 

Seseorang yang menulis nama seseorang dengan tinta merah, diartikan jika dirinya ingin adanya kematian. Nah, jika Beauties hendak liburan ke Korea Selatan, sebaiknya siapkan pena warna hitam atau biru sebagai alat tulis. Tip di Korea Selatan

Negara-negara Eropa dan Amerika terbiasa memberikan pelayan restoran dengan tip saat pembayaran. Bahkan, ada restoran yang mewajibkan pengunjung untuk memberikan uang tambahan kepada pelayannya. Namun, jangan sampai hal ini Beauties lakukan di Korea Selatan.

Pemberian tip atau uang tambahan ini diartikan menyinggung pelayan. Tidak hanya di restoran saja, Beauties harus membayar dengan uang pas ketika menggunakan taksi serta penggunaan jas lainnya. 

Itulah beberapa hal unik tentang Korea Selatan yang sebaiknya jangan dilakukan jika tak ingin mendapatkan sanksi sosial. Bagaimana, Beauties makin penasaran dengan budaya di Korea Selatan serta aturan yang digunakan?