Lokasi pembangunan RUMAH SAKIT Pratama di Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Ikut dalam peninjauan itu antara lain Kadis Kesehatan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Koperasi & UMKM, Perwakilan Dinas PUPR, Perwakilan Disnakertrans, Perwakilan Bappeda dan Pemerintah Kecamatan Kulawi.

Irwan Lapatta menuturkan, agar proses pembangunan rumah sakit di Kecamatan Kulawi itu bisa segera diselesaikan dengan waktu yang sudah ditetapkan.

“Saya harap proses pembangunan rumah sakit di kecamatan kulawi ini bisa berjalan dengan baik dan cepat sesuai harapan pemerintah dan masyarakat tentunya,” ungkap Bupati Sigi, Minggu (10/4/2022).

Pria kelahiran 19 September 1968 itu menjelaskan, rencana awal paling cepat awal tahun 2023 Rumah Sakit Pratama tersebut sudah dapat beroperasi.

Baca juga: Kemenaker Ingatkan Perusahaan Bayar THR Keagamaan 2022 Sebelum Jatuh Tempo

“Agar rumah sakit ini dapat segera beroperasi paling cepat di Bulan Desember 2022 atau awal tahun depan,” ujar Irwan.

Menurutnya, tujuan pembangunan rumah sakit di Kulawi agar mempermudah akses pelayanan kesehatan yang meliputi 4 kecamatan di daerah Kulawi Raya seperti Kecamatan Kulawi, Lindu, Kulawi Selatan dan Pipikoro.

Sehingga ke depan diharapkan tidak memakan waktu yang lama dan jarak tempuh yang cukup jauh untuk dibawa ke rumah sakit Torabelo maupun ke Kota Palu.

Baca juga: Damkar Palu Turunkan 5 Unit Armadanya Padamkan Kobaran Api di Jl Dewi Sartika

“Untuk desain pembangunan rumah sakit ini juga berbasis agrowisata kerena masih banyak lahan masyarakat yang kosong disekitar wilayah lokasi pembangunan rumah sakit yang di dorong dalam pemanfaatan lahan produktif seperti penanaman bibit buah-buahan guna meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tuturnya.